Senin, 24 Juni 2013

Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

Tauge atau sering juga disebut sebagai kecambah adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dijadikan untuk masakan. Tauge ini mempunyai rasa yang sangat unik,akan tetapi tidak lantas membuat orang untuk menjauhinya,bahkan Tauge bisa disajikan untuk menu masakan sehari-hari karena Tauge mempunyai banyak Manfaat untuk kesehatan. 

Tauge dipercaya bisa untuk meningkatkan kesuburan, baik untuk pria maupun wanita. untuk anda yang menderita hipertensi, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge karena sayuran ini dipercaya bisa mengatasi salah satu penyakit degeneratif tersebut. Selain itu, tauge juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Tauge merupakan sumber vitamin E yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain sebagai antioksidan, vitamin E juga dipercaya untuk mencegah penuaan dini.Tauge yang berasal dari Kedelai memiliki kandungan vitamin A dan C , lemak dan juga kandungan energi.

Kandungan estrogen sintesis yang ada pada tauge memberi manfaat bagus bagi sistem reporduksi wanita dan memberikan kepadatan tulang sehingga akan mencegah kerapuhan tulang terutama di usia senja.

Mengkonsumsi tauge secara rutin dan dalam jumlah yang cukup dapat menghindarkan wanita dari resiko kanker payudara yang selama ini menjadi momok banyak kaum wanita. Selain itu, manfaatnya bagi wanita adalah mengatasi gangguan menjelang menstruasi, dan ganggaun akibat menopause. Pada proses pembentukan kacang kedelai menjadi kecambah, kadar saponi yang terkandung didalamnya meningkat hingga 450 persen. Jika dikonsumsi secara teratur oleh mereka yang memilki resiko penyakit strok dan serangan jantung karena kadar lemak yang tinggi, tauge berfungsi menurunkan resikonya.

Kandungan saponinya membuat tauge efektif menghalau lemak jahat atau LDL dalam tubuh tanpa mengganggu lemak baik atau HDL. Selain itu, tauge juga bermanfaat sebagai antioksidan yang kuat untuk melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak sel DNA tubuh.  Oleh karena itu, tauge akan membuat anda terlihat lebih muda.

Satu lagi khasiat tauge yang tak kalah hebat dengan khasiat-khasiat diatas. Tauge juga membantu melancarkan pencernaan karena dapat membantu membuang kotoran dalam usus besar karena tauge mengandung banyak serat dan air. Inilah yang membuat tauge menekan resiko terjadinya kanker dalam usus besar. Apabila kotoran segera meninggalkan usus besar, tiada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang yang dapat diserap tubuh. Ia akan mencegah pengumpulan bahan beracun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar